Nekad Bersetubuh Siang Hari Saat Berpuasa, Ini Denda yang Harus Dibayar

Tuntunan  

Apa saja denda yang harus dibayar ketika seseorang merusak puasanya dengan perbuatan tersebut? Dia harus membebaskan seorang budak yang beriman (beragama Islam) baik laki-laki atau perempuan. Jika tidak sanggup atau tidak ada — mengingat sekarang tak ada perbudakan — dia harus berpuasa dua bulan berturut-turut. Jika tidak sanggup, maka ia harus memberi makan 60 irang miskin dimana setiap orang miskin diberi satu mud makanan pokok yang biasa dimakan negeri tersebut.

Jika tidak sanggup melaksanakan satu diantara tiga kafarat di atas, maka ia membayar kafarat semampunya. Meski demikian, kafarat tersebut tetap terhitung sebagai utang dipundaknya dimana ia harus menunaikannya saat sudah mampu.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, beliau menuturkan: Ketika kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah SAW tiba-tiba datang seorang laki-laki dan berkata, “Wahai Rasulullah, celakalah aku!” Rasulullah SAW bertanya, “Ada apa denganmu?” Pria itu berkata, “Aku telah bersetubuh dengan istriku padahal aku tengah berpuasa (dalam riwayat lain ditambahkan pada bulan Ramadhan). “ Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau memiliki seorang budak yang bisa engkau merdekakan?” Pria itu berkata, “Tidak ada.” Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau sanggup berpuasa dua bulan berturut-turut?” Pria itu menjawab, “Aku tidak sanggup.” Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau memiliki makanan untuk diberikan kepada 60 orang miskin? “ Pria itu menjawab, “Aku tidak punya.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rasulullah pun diam sejenak. Dan ketika sedang demikian, tak lama Rasulullah datang membawa bungkusan yang terbuat dari anyaman daun kurma. Didalamnya terdapat beberapa biji kurma. Kemudian Rasulullah bertanya, “Mana orang yang bertanya tadi?” Pria tadi berkata, “Aku orangnya, wahai Rasulullah.” Rasulullah SAW kemudian berkata, “Ambillah kurma ini lalu sedekahkanlah kepada orang lain. “ Pria itu berkata, “Apakah kepada orang yang lebih miskin daripada aku, wahai Rasulullah? Demi Allah tidak ada rumah tangga yang terdapat diantara dua lorong kota ini yang lebih miskin dari keluargaku.”

Rasulullah SAW pun tertawa hingga terlihat gigi taring beliau. Lalu beliau berkata, “Kalau begitu, bagikan kurma itu untuk keluargamu/“ (HR Bukhari dan Muslim).

Tak Perlu Mengucapkan Niat karena Sahur Otomatis Sengaja Mau Puasa, Benarkah?

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Shalat Tarawih 23 Rakaat Lengkap dengan Bacaan Imam, Bilal dan Jawabannya

Tata Cara Sholat Tarawih Menurut Muhammadiyah Lengkap dengan Sholat Iftitah

Niat Puasa Sebulan Penuh dan Dalil Pembenaran dari Ulama Mazhab Maliki

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image