Tiga Level ‘Speed’ dalam Membaca Alquran

Tuntunan  

Salam Sahabat! Menyambut Ramadhan 1443 Hijriyah ini, ada baiknya kita mengintensifkan interaksi dengan Alquran. Salah satu yang harus diperhatikan dalam membaca Alquran adalah kecepatannya. Imam Al Jazari dalam kitabnya An-Nasr membagi level kecepatan dalam membaca Alquran sebagai berikut.

Waspada! Ini Jenis Kesalahan Membaca Alquran yang Diharamkan Ulama

1. Tahqiq

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cara ini berarti membaca Alquran dengan tenang dan lambat beserta dengan mentadabburi setiap makna ayatnya. Dengan bacaan tahqiq, seorang qari (pembaca Alquran) mengeluarkan setiap huruf pada tempat keluarnya, kemudian memberikan hak-hak dari setiap huruf berupa sifat-sifatnya.

2. Hadr

Membaca dengan cara Hadr berarti qari sedang membaca Alquran dengan level yang cepat. Meski demikian, dia harus tetap memperhatikan hukum-hukum dari ilmu tajwid seperti izhar, idgham, panjang pendek huruf dan sebagainya yang menjadi bagian dari kaidah tajwid.

3. Tadwir

Cara membaca tadwir yakni membaca Alquran dengan kecepatan sedang-sedang. Level kecepatannya berada pada tingkatan antara tahqiq dengan hadr. Membaca dengan cara tadwir berarti seorang qari membaca dengan tenang dan cepat beserta memelihara tiap-tiap hurufnya dan memperhatikan hukum-hukum tajwid lainnya.

Lantas, ada di level kecepatan mana bacaan tartil itu? Bacaan tartil lebih umum dari ketiga tingkatan yang sudah disebutkan di atas. Artinya, selama bacaan Alquran itu sesuai dengan tajwid, tadabbur, ketenangan batin atau khusyuknya baik dengan kacar bacaan cepat, atau sedang atau lambat.

Baca juga: Jika Lahnun Jali Diharamkan, Bagaimana dengan Lahnun Khafi?

Baca juga: Para Jenazah Pun Membalas Salam Ada yang Ziarah Kubur

Baca juga: Pembela LGBT Berdalih Lewat Ayat 'Lelaki tak Berhasrat', Ini Penjelasannya

Baca juga: Alquran di Vatikan Punya 39 Nama yang Berbeda

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image