Para Jenazah Pun Membalas Salam Saat Ada yang Ziarah Kubur

Tuntunan  

Salam Sahabat! Menjelang Ramadhan, salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh masyarakat Muslim Tanah Air adalah ziarah kubur. Biasanya, Tempat Pemakaman Umum (TPU) ramai oleh warga yang menyambangi makam sanak familinya dan melakukan doa ziarah kubur.

Lantas, apakah para penghuni makam yang disambangi itu mengetahui ziarah orang yang hidup? Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam bukunya Roh mengutip sebuah hadis yang bersumber dari Ibnu Abdil Barr. Rasulullah SAW bersabda, “ Tidaklah ada diantara orang Muslim yang lewat di dekat kubur saudaranya yang dikenalnya selagi di dunia lalu dia mengucapkan salam kepadanya melainkan Allah mengembalikan rohnya kepadanya hingga dia membalas salamnya itu.”

Menurut Ibnu Qayyim, ini merupakan nash yang menunjukkan orang yang sudah meninggal dunia dan terbujur di dalam kuburnya bisa mengetahuinya dan membalas salamnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rasulullah SAW mensyariatkan kepada umatnya agar mengucapkan salam kepada para ahli kubur, seperti salam yang mereka ucapkan kepada lawan bicara dengan lafaz, “Salam sejahtera atas kalian, tempat tinggal orang-orang Mukmin.”

Orang-orang salaf telah menyepakati hal ini dan banyak atsar yang diriwayatkan dari mereka jika orang yang meninggal dunia dapat mengetahui ziarah orang yang masih hidup di atas kuburnya. Dia merasa gembira karena kedatangannya itu.

Abu Bakar bin Abdullah bin Muhammad bin Ubaid bin Abud-Dunya mengatakan di dalam Kitabul Qubur tentang orang yang sudah meninggal dunia dan mengetahui kedatangan orang yang masih hidup. Dari Aisyah Ra, dia berkata,” Rasulullah SAW bersabda, “Tidakkah seseorang menziarahi kubur saudaranya dan duduk di sisinya melainkan ia mendengarnya dan menjawab perkataannya hingga dia bangkit.”

Ibnu Qayyim menjelaskan, ketika menziarahi kuburan itu seorang Muslim bisa menyebut nama-nama orang yang ada di kuburan itu. Sekiranya mereka tidak bisa mendengar dan mengetahuinya, lalu buat apa orang Muslim berziarah kubur? Inilah logika ziarah kubur yang bahkan tradisi ini pun dikenal berbagai umat manusia. Begitu pula salam kepada para penghuni ziarah kubur. Sebab, salam yang disampaikan kepada orang yang tidak mengetahui dan mendengarnya adalah sesuatu yang mustahil.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَإِنَّا إِِنْ شَاءَاللَّهُ بِكُمْ لَا

حِقُوْ نَ، نَسْأَلُ اللَّهَ لَنَاوَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

"Assalamu'alaikum ahlad-diyaar minal mu'miniina wal muslimiin. Wa inna insyaa alloohu bikum laahiquun. Nasalullooha lanaa walakumul 'aafiyah."

"Semoga kesejahteraan terlimpah kepada kalian, para penghuni kubur, dari kaum Mukminin dan muslimin, dan sesungguhnya kami Insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon keselamatan kepada Allah untuk kami dan kalian". (HR Ibnu Majah).

Baca juga: Kunjungan Para Penghuni Kubur

Baca juga: Pembela LGBT Berdalih Lewat Ayat 'Lelaki tak Berhasrat', Begini Penjelasannya

Baca juga: Kisah Mujahid, Ulama dan Dermawan yang Diseret ke Neraka

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image