Sahkah Sholat Anda Jika Sambil Membaca Mushaf Alquran?

Tuntunan  

Salam Sahabat! Membaca Alquran ketika sholat merupakan upaya seorang Muslim agar bisa memperpanjang sholatnya seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Sayidatuna Aisyah RA dan pelayannya pernah membaca mushaf ketika sholat.Kekhusyukan dalam menjalankan ibadah sholat bisa digapai lewat bacaan Alquran yang tartil.

Ayat-ayat Alquran yang kaya akan untaian kisah dan hikmah pun mampu membawa sholat kita ke dalam kekhusyukan. Firman Allah SWT yakni QS al- Mu'minun ayat 1-2 menjelaskan tentang salah satu kriteria orang mukmin beruntung. "Sesungguh nya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya."Demikian dengan hadis yang bersumber dari Abu Dzar RA. Rasulullah SAW bersabda: "Senantiasa Allah 'Azza wa Jalla menghadap hamba-Nya di dalam sholatnya, selama dia (hamba) tidak berpaling. Apabila dia memalingkan wajahnya, maka Allah pun berpaling darinya." (HR Ah mad, Abu Dawud, dan al Nasaa'i).

Untuk menggapai itu, banyak Muslim yang membuka dan mem baca mushaf ketika menjalankan sholat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun menetapkan fatwa ber nomor 49/2019 tentang hukum melihat mushaf saat sholat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rangkaian Doa Setelah Sholat yang akan Membuat Hati Anda Tenang

Amalan Setelah Sholat Subuh yang Pahalanya Seperti Pergi Haji dan Umrah

Bacaan Sholat Dhuha Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

Mengutip pendapat ulama, MUI mengambil pendapat dari Imam Syafi'i, Imam Malik, hingga Imam Ahmad.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image