Amalan Setelah Sholat Subuh yang Pahalanya Seperti Pergi Haji dan Umrah

Tuntunan  

Salam Sahabat! Pagi hari setelah Subuh merupakan waktu yang amat berharga bagi umat Islam. Para ulama bahkan melarang kita untuk tidur setelah Sholat Subuh.

Banyak diantara kita yang menghabiskan waktu untuk tidur selama puasa Ramadhan. Padahal, kebiasaan tersebut tersandar oleh sebuah hadits palsu yang banyak beredar di kalangan umat Islam yakni "Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah".

Dalil yang sebenarnya justru sebaliknya. Rasulullah SAW bahkan mencontohkan kepada kita tentang keutamaan Sholat Subuh berjamaah lalu berdzikir di masjid hingga matahari terbit untuk kemudian sholat dua rakaat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Barang siapa mengerjakan Sholat Subuh dengan berjamaah lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit kemudian mengerjakan shalat dua rakaat, maka pahala shalat itu baginya seperti pahala haji dan umrah. Sepenuhnya! Sepenuhnya! Sepenuhnya!” (HR At-Tirmidzi dalam kitab at-Tathawwu).

Tata Cara Sholat Dhuha dari Dua Rakaat Hingga Bilangan tak Terhingga

Doa Setelah Shalat Dhuha Versi Muhammadiyah Beserta Terjemahannya

Enam Adab Mengumandangkan Adzan yang Wajib Diperhatikan Muadzin

Perhatikan Baik-Baik! Amalan Ini Jadi Penyelamat Anda dari Alam Kubur


Lantas, dzikir apa yang harus kita baca selama menunggu waktu Dhuha? Telah diriwayatkan dalam sejumlah hadits nabi bahwa dari keutamaan berdoa atau berdzikir setelah sholat Subuh adalah dengan mengulang-ulang doa sayyidul istighfar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image