Sengaja Berpuasa Ramadhan Meski Sedang Datang Bulan, Apa Hukumnya?

Tuntunan  

Salam Sahabat! Menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan merupakan kewajiban kaum Muslimin. Meski demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi kaum perempuan yang sedang mengalami menstruasi atau haid yang lazim disebut dengan datang bulan.

Beberapa hadits yang melarang kaum perempuan berpuasa yakni: “Dari Abi Said Al-Khudhri radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi SAW bersabda kepada para wanita,..". Bukankah para wanita bila mendapat haidh tidak boleh shalat dan puasa?" Para wanita itu menjawab,"Benar." "Itulah yang dimaksud dengan kurangnya (pelaksanaan) agama mereka.(HR. Bukhari).

Hadits lainnya adalah “Dari Ibnu Umar ra: Para wanita melewati malam-malam tanpa boleh shalat dan mereka harus berbuka pada bulan Ramadhan. Itulah maksud kurangnya (pelaksanaan) agama mereka.” (HR Muslim).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ustaz Ahmad Sarwat dalam buku Fiqih Ramadhan menjelaskan, haramnya wanita yang sedang haid untuk berpuasa telah menjadi ijma' para ulama sejak 14 abad yang lalu. Padahal sedikit sekali jumlah ulama ketika itu. Meski demikian, menurut Ustaz Sarwat, kalau para ulama sampai pada titik ijma', berarti nilai kebenarannya sudah nyaris mutlak.

Ustaz Sarwat pun menjelaskan, Ijma' ulama sampai kepada hukum dosa bagi wanita yang secara sengaja melakukan puasa dengan niat ibadah pada hari-hari haidnya. Artinya, berpuasa saat haid bagi wanita bukan hanya terlarang, bahkan sampai melahirkan dosa

Maka bila seorang wanita mendapat haidh, dia diharamkan untuk tetap berpuasa, dengan landasan dari hadts-hadits yang shahih dan juga dari ijma; para ulama. Tidak ada yang menyelengkan pengertian ini kecuali dia harus datang dengan dalil yang bisa lebih kuat.

Suami Istri Melakukan Hubungan Seks Saat Sahur, Masih Boleh atau Sudah Haram?

Lupa Mandi Wajib Usai Melakukan Hubungan Seks, Batalkah Puasanya?

Sulaiman bin Amr, Pemalsu Hadits Tidurnya Orang Berpuasa adalah Ibadah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image