Resensi: Najeela Shihab Menjawab dari Seks Luar Nikah Hingga Cinta Sesama Jenis

Pustaka  

Buku ini adalah kumpulan jawaban Najeela Shihab atas pertanyaan bernada konsultasi di selasarahasia. Beragam tema yang masuk ke akun media sosial sang putri pakar tafsir Alquran terkemuka, Prof Quraish Shihab, itu dijawab satu per satu dengan telaten. Di sela kesibukannya sebagai pendidik dan psikolog, penulis mencoba mewakafkan waktunya untuk menemani para follower yang sedang dilanda kegalauan.

Buku ini memuat ribuan pertanyaan yang berhasil dijawab tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Untuk seri kali ini, temanya seputar masalah jodoh, percintaan, hingga urusan seksualitas. Para penanya dengan identitas yang dirahasiakan pun tak sungkan untuk bertanya bahkan sekadar berkeluh kesah atas permasalahan yang dialaminya. Beragam pertanyaan ini pun membutuhkan variasi jawaban. Ada pertanyaan yang jawabannya sesingkat 'ya' atau 'tidak'.

Baca juga: Petualangan Kareem Khalil Mencari Allah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Curhat Para Guru untuk Mas Menteri

Baca juga: Teori Konsumsi ala Imam Al-Ghazali

Ada juga curhatan yang tak mungkin dijawab lewat tulisan dan rentan memancing kesalahpahaman saat direspons di Instagram mengingat ada tuntutan kecepatan. Penulis juga berupaya untuk mencari tipe cerita yang berada di antaranya. Dalam situasi orang di luar masalah, mungkin mudah bagi penulis untuk dengan tegas menjawab pertanyaan seperti "can you unlove someone?" atau "haruskah terlibat dalam konflik ibu dan ayah?".Hanya saja, untuk bisa mengajak orang yang sudah bingung dan terjebak dalam situasinya bahkan merasa sebagai korban, penulis melakukan beberapa cara.Di antaranya, dia menjelaskan prinsip utama sebagai nilai dasar untuk menjawab.

Dia juga memberikan contoh konteks atau perspektif berbeda setelah memvalidasi dan berempati terhadap apa pun rahasianya.Karena itulah, hal-hal yang cukup tabu seperti hubungan seks di luar nikah bahkan godaan pencinta sesama jenis bisa dijawab oleh Najeela dengan penuh empati dan kebijaksanaan. Meskipun demikian, dia tetap bersikap lugas untuk menunjukkan kepada penanya tentang nilai yang harus diikuti.

Judul : Selasarahasia1, Mantan dan Hubungan, Keluarga dan Kepingan Kehidupan

Penulis : Najeela Shihab

Penerbit : LiteratiTebal : 384 halaman

Cetakan : 2021

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image