Penulis Pemula Wajib Tahu! Prosedur Lengkap Daftar ISBN Sampai Terbit

Literasi  

Salam Sahabat! Setiap buku yang diterbitkan penting memiliki International Standard Book Number (ISBN). Sistem numerik berupa deretan angka 13 digit ini akan memberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk mirip buku yang diterbitkan penerbit.

Baca juga: Sembilan Manfaat Punya ISBN yang Jarang Diketahui Pecinta Buku

Baca juga: Empat Cara Mudah Simpan Buku Langka di Rumah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Cara Agar Penjilidan Buku Kuno tak Cepat Lepas, Atur Suhunya!

Baca juga: Mengenal Koleksi Langka Perpusnas dan Cara Mengaksesnya

Bagi anda penulis buku pemula yang hendak mendaftarkan karya anda agar memiliki ISBN, anda bisa mengunjungi laman perpusnas.go.id untuk melakukan pendaftaran secara online. Soal biaya, anda tak perlu khawatir karena ISBN tergolong bebas biaya alias gratis. Nah sahabat, berikut beberapa tahap yang perlu anda ketahui untuk mendaftar ISBN.

1. Daftar Online / Membuat akun Penerbit

Buka browser dan ketik alamat isbn.perpusnas.go.id.Kemudian, klik tombol Daftar Online2.Pilih kategori penerbit apakah lembaga swasta atau pemerintah.Institusi yang tergolong lembaga swasta adalah perseroan terbatas, Commanditaire Vennontschap (CV),Perguruan Tinggi Swasta, Yayasan / Perkumpulan / Asosiasi / LSM. Penerbitan juga dikategorikan sebagai lembaga swasta. Ketentuannya yakni Penerbit komersial yang berakhiran press atau publising (nama sesuai akta terlampir),Commanditaire Vennontschap (CV), Penerbit Perguruan Tinggi Negeri (SK pendirian badan penerbitan), Penerbit Perguruan Tinggi Swasta (akta yayasan + SK pendirian badan penerbitan), Kementerian (SK menteri)

Untuk kategori pemerintah, yakni kementerian dan dinas terkait, lembaga Pemerintah Non Kementerian dan unit terkait, hingga Perguruan Tinggi Negeri dan unit terkait.

3. Unggah berkas surat pernyataan. Surat pernyataan tersebut berisi pernyataan dengan kelengkapan identitas penerbit, penanggung jawab, alamat, telepon/faksimili, hingga email. Pernyataan yang dimuat yakni: “adalah benar merupakan data identitas kami dan bersedia bergabung dalam keanggotaan ISBN Perpustakaan Nasional RI yang telah ditunjuk Badan Nasional ISBN yang resmi untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami juga menyatakan bersedia mengikuti segala prosedur dan ketentuan yang berlaku dengan segala konsekuensinya.

Setelah menyertakan keterangan tanggal surat dibuat, surat juga berisi tanda tangan pimpinan penerbit di bawah materi. Jangan lupa ya sahabat, nama penerbit harus sesuai dengan akta terlampr.

3. Unggah akta pendirian lembaga. Untuk penerbitan di lingkungan kampus, sahabat wajib mengunggah surat keputusan rektor tentang pembentukan badan penerbit. Jika penerbitan tersebut merupakan produk kerjasama dengan lembaga lain apakah negeri atau swasta, maka sahabat harus mengunggah lampiran nota kesepahaman antar lembaga.

4. Pendaftaran akun penerbit.

Setelah melengkapi berkas-berkas tersebut, sahabat dapat membuat akun penerbit dengan mengisi form online yang disediakan. Form tersebut berisi nama, pilihan password, alamat, nama admin, email, telepon, website, hingga faks.

Jika pendaftaran tersebut diterima, maka sahabat akan mendapatkan notifikasi dari pihak Perpusnas jika pendaftaran tersebut sukses. Untuk login, sahabat harus divalidasi terlebih dahulu oleh petugas.

5. Jika sahabat sudah berhasil mendapatkan notifikasi sukses, maka langkah selanjutnya yakni menghubungi petugas Perpusnas di nomor telepon 0213812136. Akun akan tervalidasi dan sahabat bisa membuka email yang disematkan di pendaftaran penerbit untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

6. Jika sudah memiliki akun, langkah selanjutnya adalah mendaftar ISBN dengan password yang sudah dimiliki. Selanjutnya, sahabat bisa memilih Daftar ISBN di beranda.

7. Sahabat tinggal memasukkan data buku berupa judul, kepengarangan, edisi, tahun, halaman, tinggi, kategori buku apakah anak, dewasa, penelitian, atau terbitan pemerintah. Sahabat juga harus memilih jenis buku yang sesuai dengan berkas data buku apakh fiksi, non fiksi, terjemahan, atau non terjemahan. Kenis media yang akan diunggah atau dikirim juga bisa dipilih apakah buku tercetak, e-book, CD/DVD atau B-Ray. Setelah itu, sahabat bisa mengirim berkas.

8. Jika permohonan pendaftaran ISBN sukses, sahabat akan mendapatkan notifikasi dari pihak Perpusnas. Proses untuk penerbitannya berlangsung selama lima hari kerja jika berkas sudah memenuhi syarat. Jika berkas tersebut masih ada koreksi, maka sahabat akan mendapatkan notifikasi jika ISBN tersebut bermasalah di aku sahabat. Sahabat bisa mengunggah data kembali tetapi dengan perhitungan proses kembali dari awal yakni nol hari kerja untuk mengikuti antrean proses pengajuan berkas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image