Empat Cara Mudah Simpan Koleksi Buku Langka di Rumah

Literasi  

Salam Sahabat! Buku menjadi barang berharga yang mesti disimpan dengan baik. Tidak jarang buku yang langka bahkan bisa menjadi aset sehingga mampu memberikan keuntungan finansial buat anda pada masa depan. Untuk menjaga buku-buku tua anda dalam kondisi baik, butuh perawatan khusus agar mencegah percepatan penuaan, kerusakan hingga pertumbuhan jamur.

Baca: Fantastis! Buku Termahal di Dunia Seharga 55 Rumah di Pondok Indah

Baca: Ada di Bogor, Perpustakaan Era Kolonial Ini Simpan Buku dari Abad ke-17

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca: Mengenal Koleksi Langka Perpusnas dan Cara Mengaksesnya

Tentu saja, untuk mendapatkan hasil terbaik maka bantuan profesional seperti ruang penyimpanan yang memiliki alat pengendali cuaca bisa menjadi pilihan. Meski memang anda mesti merogoh kocek lebih untuk itu. Sahabat! Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk merawat buku-buku kuno anda. Setiap ruangan di rumah pun bisa menjadi tempat yang ideal untuk memajang dan menyimpan koleksi berharga Anda.

Untuk menyimpan buku langka anda, butuh langkah ekstra mengingat penyimpanan tersebut berlaku dalam jangka waktu yang lama. Pastikan jika ‘rumah’ baru buku-buku itu tidak akan mempercepat proses penuaan atau menimbulkan masalah baru. Debu, tingkat kelembaban, dan bahkan bahan kimia dari rak kayu yang belum selesai dapat menyebabkan kerusakan pada buku dari segala usia.

Pastikan tempat penyimpanan tersebut dalam kondisi terbaik apakah koleksi buku langka tersebut akan disimpan di rak atau dalam kotak. Berikut beberapa tips yang dilansir dari invaluable.com untuk menyimpan koleksi buku langka anda.

1. Buku yang disimpan di rak harus diletakkan dengan tegak, dengan sedikit ruang di antara setiap buku untuk mengurangi tekanan pada penjilidan saat mengeluarkannya. Simpan buku dengan ukuran yang sama untuk membantu menghindari lekukan yang dapat terjadi saat buku dengan berbagai ukuran diletakkan bersama. Ingat! membiarkan buku-buku dengan ukuran berbeda akan membuat mereka berada dalam kondisi tertekan untuk jangka waktu yang lama.

2. Hindari membiarkan buku terbuka, menghadap ke bawah, atau menumpuknya dalam waktu lama untuk mengurangi ketegangan pada punggung buku.

3. Buku yang panjangnya lebih dari 18 inci atau lebih dalam dari 3 inci—seperti atlas dan peta—harus diletakkan rata, dan dapat ditumpuk dalam kelompok tiga di rak buku atau di wadah penyimpanan.

4.Saat menyimpan buku di dalam kotak, periksa wadahnya untuk memastikan kotak itu sendiri tidak bocor atau terkena sinar ultraviolet. Kotak artefak atau kotak arsip—biasa digunakan di museum dan perpustakaan untuk penyimpanan jangka panjang—bebas dari asam dan lignin dan melindungi dari kerusakan barang antik dan tua.

Nah sahabat, sudah siap membuat buku-buku antik anda merasa lebih nyaman? Silakan mencoba!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image