Mengenal Koleksi Langka Perpusnas dan Cara Mengaksesnya

Literasi  

Salam Sahabat! Perpustakaan Nasional memiliki koleksi buku langka yang kaya. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan perpustakaan yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, Jakarta, ini untuk menambah pengetahuan, studi literatur, maupun penelitian. Terlebih, berkaitan dengan sumber informasi jangka waktu abad ke-16 hingga abad ke-19. Koleksi buku langka Perpustakaan Nasional RI adalah koleksi buku yang memuat disiplin ilmu, sebagian besar terbit pada masa kolonial Belanda dan ditulis dalam Bahasa Belanda.

Menurut laman resmi perpusnas, www.perpusnas.go.id, koleksi buku langka perpustakaan tertinggi di dunia tersebut terdiri dari:

1. Buku-buku abad ke-18 dalam berbagai disiplin ilmu

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Kumpulan ilustrasi tentang masyarakat dan kebudayaan Indonesia masa lalu

3. Disertasi berbahasa Belanda tahun 1830-1940

4. Koleksi tentang Sukarno berupa biografi, autobiografi, dan kumpulan pidato

5. Koleksi ster atau bintang, mempunyai keunikan tersendiri karena berukuran besar dan sebagian dilengkapi dengan ilustrasi dan foto yang menarik tentang budaya dan masyarakat Indonesia pada masa kolonial

6. Koleksi Varia yaitu koleksi berupa ilustrasi yang terdapat pada lembaran lepas yang terkumpul dalam portepel dan kotak karton yang berisi berbagai macam gambar atau lukisan tangan (sketsa) tentang kota-kota di Indonesia pada masa lalu

7. Literatur sekunder berupa katalog terbitan tahun 1900-an dalam bahasa Belanda; Koleksi deposit kolonial Belanda

8. Koleksi langka tidak hanya terbatas pada buku saja namun memiliki berbagai jenis koleksi langka lainnya. Seperti 78 surat kabar, 1281 jilid mikrofilm, 10.234 keping film, 8.584 rekaman suara, peta sebanyak 36.782 eksemplar, koleksi varia yang berisi gambar-gambar arsitektur di Indonesia sebanyak 1.109. Tak hanya koleksi fisik yang beragam, koleksi langka juga tersedia dalam bentuk koleksi digital dengan jumlah koleksi mencapai 68.033 konten.

Bagaimana mengaksesnya?

Layanan buku langka di perpusnas menggunakan sistem tertutup, sehingga dalam mendapatkan koleksi yang diinginkan, pemustaka tidak dapat langsung mengambil dari rak penyimpanan. Anda harus melalui pustakawan berdasarkan hasil penelusuran pemustaka.

Koleksi Buku Langka hanya dapat baca di tempat. Pemustaka dapat datang langsung ke lantai 14, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat serta memanfaatkan katalog online di ruang baca untuk menelusur koleksi buku langka, dengan terlebih dahulu menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image