Fenomena Dukun Milenial dan Hukum Meminta Pertolongan Pawang Hujan

News  

Salam Sahabat! Sosok Rara Istiati mencuri perhatian dalam pagelaran MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung pada Ahad (20/3) kemarin. Sambil berkeliling, Rara tampak berupaya menahan hujan dalam ajang balapan bergengsi internasional tersebut.

Sosok yang digadang-gadang sebagai pawang hujan milenial itu berkeliling dengan dupa untuk mengusir hujan. Berbeda dengan dukun pada umumnya, Rara menggunakan busana layaknya anak milenial dengan kemeja batik merah dan jeans. Sosok ini pun dikenal memiliki bakat indigo sehingga kerap meramal banyak artis dan pesohor.

Rara Si Pawang Hujan: Dari Kecil Saya Indigo!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah sahabat! Apa sebenarnya hukum menggunakan jasa pawang hujan di dalam Islam? Pendakwah Ustaz Fikri Haikal MZ menjelaskan, ulama sudah sering sekali menjelaskan perihal tersebut. Menurut dia, praktik menggunakan jasa pawang hujan ini boleh jadi yang bersangkutan meminta bantuan jin untuk mengusir dan menahan hujan.

“Ketika seseorang gembar-gembor mampu menggeser dan menggiring hujan. Hati-hati karena boleh jadi dalam praktiknya dia melakukan dan meminta jin. Ini haram,”ujar dia lewat akun YouTube Netmediatama.

Dia pun menegaskan, “Ini bisa menyebabkan kita melakukan hal yang musyrik,”jelas dia.

Dalam QS Surat Al-An’am Ayat 128, Allah SWT berfirman

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَٰمَعْشَرَ ٱلْجِنِّ قَدِ ٱسْتَكْثَرْتُم مِّنَ ٱلْإِنسِ ۖ وَقَالَ أَوْلِيَآؤُهُم مِّنَ ٱلْإِنسِ رَبَّنَا ٱسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَآ أَجَلَنَا ٱلَّذِىٓ أَجَّلْتَ لَنَا ۚ قَالَ ٱلنَّارُ مَثْوَىٰكُمْ خَٰلِدِينَ فِيهَآ إِلَّا مَا شَآءَ ٱللَّهُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ Arab-

Artinya: Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami". Allah berfirman: "Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)". Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Menurut putra almarhum dai sejuta umat KH Zainuddin MZ tersebut, menjelaskan,solusi jika ingin acara lancar tanpa ada hujan adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Cara lainnya, yakni meminta doa orang-orang shaleh agar acara tersebut mendapat keberkahan. “Doanya jangan menggeser hujan tapi mendapat keberkahan itu yang terpenting,”jelas dia.

Baca juga: Ketatnya Kriteria Wanita Ahlulkitab dalam Pernikahan Beda Agama Menurut Imam Syafii

Baca juga: Nikah Beda Agama, Begini Tanggapan Ahmad Nurcholis, Gus Baha, Hingga Quraish Shihab

Baca juga: Ulil Abshar Abdala: Saya tidak Pernah Menganjurkan Nikah Beda Agama

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image