Empat Surah yang Disunnahkan Dibaca Imam Saat Sholat Jumat

Tuntunan  

Salam Sahabat! Menyambut Jumat yang berkah ini, kaum Muslimin melaksanakan ibadah Sholat Jumat. Sholat jamaah dua rakaat ini diwajibkan bagi laki-laki Muslim yang telah baligh. Nah sahabat, dikutip dari buku Hukum-Hukum Terkait Ibadah Sholat Jumat karya Ustaz Ahmad Sarwat, ada beberapa surah dalam Alquran yang kerap dibaca Rasulullah SAW saat menjadi imam.

1. Surat Al-Jumuah dan Al-Munafiqun

Disunnahkan bagi imam untuk membaca dua surat pada hari Jumat, yaitu surat Al-Jumuah pada rakaat pertama dan surat Al-Munafiqun pada rakaat kedua. Halaman 28 dari 75 muka daftar isi Dasarnya adalah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu berikut ini : ِAbu Hurairah mengimami kami shalat Jumat dan beliau membaca surat Al-Jumuah pada rakaat yang pertama dan pada rakaat yang kedua membaca idza jaa-akal munafiqun. Ketika usai shalat, Aku mendatanginya dan bertanya,"Ya Aba Hurairah, Anda membaca dua surat seperti yang dibaca oleh Ali bin Abi Thalib di Kufah". Abu Hurairah menjawab,"Aku telah mendengar Rasulullah SAW membaca kedua surat itu pada hari Jumat. (HR. Muslim).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Surat Al-A'la dan Al-Ghasyiyah

Selain kedua surat di atas, juga disunnahkan untuk membaca pasangan dua buat surat, yaitu surat Al-A'la pada rakaat pertama dan surat Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua. Dasarnya adalah hadits berikut ini :

"Rasulullah SAW membaca pada dua Shalat 'Ied dan Shalat Jumat : Sabbihismarabbikal a'la dan hal ataaka haditsul ghasyiah. (HR. Muslim)/

Namun bukan berarti imam tidak boleh membaca ayat selain yang disebutkan di atas. Ayat-ayat di atas sifatnya lebih merupakan keutamaan, tetapi tidak berarti menjadi syarat sah atau kewajiban.

Lengkap, Bacaan 99 Nama Asmaul Husna Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Mengenal Salah Satu Sifat Asmaul Husna, Al-Baaits Sang Maha Membangkitkan

Bacaan Doa Menyambut Datangnya Pagi Agar Hari Anda Dimulai dengan Kebaikan

Dalil Syekh Yusuf Qaradhawi Bolehkan Aksi Demonstrasi

SIkap Utsman bin Affan Saat Menghadapi Para Demonstran

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image