Saudi Buka Haji 2022 untuk Satu Juta Jamaah, Berapa Kuota Haji untuk Indonesia?

News  

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya secara resmi mengumumkan penyelenggaraan ibadah haji pada 2022/1443 Hjiriah. Saudi membuka penyelenggaraan haji untuk satu juta orang jamaah dari Arab Saudi dan negara lainnya. Jumlah ini meningkat ketimbang saat pandemi yang hanya mencapai sekitar 60 ribu jamaah dari Saudi dan ekspatriat yang berdomisili di Saudi.

Lantas, berapa kuota yang akan didapatkan jamaah haji asal Indonesia? Jika merujuk pada musim haji tahun 2019, Indonesia mendapatkan kuota 231 ribu jamaah dari total 2,48 juta jamaah atau 9,3 persen. Sementara, pada musim haji tahun 2018, Indonesia mendapatkan kuota 221 ribu jamaah dari total 2,3 juta jamaah atau 9,6 persen. Jamaah RI pun kerap mendapat predikat sebagai kuota jamaah terbanyak di seluruh dunia.

Jika mengacu pada dua tahun ke belakang (sebelum Pandemi Covid-19), persentase kuota jamaah Indonesia berkisar 9 persen. Maka, dengan menggunakan penghitungan sederhana — dengan catatan Saudi masih memberlakukan persentase yang sama — bisa jadi kuota jamaah haji Indonesia akan berkisar 90 ribu jamaah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kuota ini tentunya masih bisa bertambah jika Indonesia mendapatkan tambahan dari kuota negara lain yang tidak memberangkatkan haji pada musim ini. Tambahan ini menjadi doa bagi sekitar 221 ribu jamaah haji yang seyogyanya berangkat pada 2020 lalu. Mereka harus bersabar menunggu hingga dua tahun karena pandemi yang membuat Pemerintah RI tak mengirimkan jamaah ke Tanah Suci.

Tak Perlu Mengucapkan Niat karena Sahur Otomatis Sengaja Mau Puasa, Benarkah?

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Shalat Tarawih 23 Rakaat Lengkap dengan Bacaan Imam, Bilal dan Jawabannya

Tata Cara Sholat Tarawih Menurut Muhammadiyah Lengkap dengan Sholat Iftitah

Niat Puasa Sebulan Penuh dan Dalil Pembenaran dari Ulama Mazhab Maliki

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image