Sholat Witir Rasulullah, dari Satu Hingga Sembilan Rakaat

Tuntunan  

Salam Sahabat! Shalat Witir merupakan shalat bilangan ganjil yang menjadi penutup. Dalam beberapa hadis, Dr Said bin 'Ali bin Wahf al Qahthani lewat Ensiklopedia Shalat menjelaskan, Rasulullah SAW melakukan shalat Witir dengan satu rakaat, tiga rakaat (salam pada rakaat kedua kemudian ditutup de ngan satu rakaat), tiga rakaat ber turut-turut (tanpa duduk ke cuali pada rakaat terakhir), lima rakaat berturut-turut dengan di akhiri pada rakaat kelima, tujuh rakaat tanpa duduk kecuali pada rakaat ke enam, tujuh rakaat tanpa duduk kecuali pada rakaat terakhir, sembilan rakaat tanpa duduk kecuali pada rakaat kedelapan, kemudian mengerjakan rakaat kesembilan.

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga membaca doa qunut dalam shalat Witirnya. Doa itu di baca sebelum dan sesudah rukuk. Nabi SAW pernah mempraktikkan keduanya, yakni membaca doa qunut sebelum rukuk dan pernah membacanya setelah rukuk. Namun, al-Qahthani menjelaskan, yang afdhal adalah qunut setelah rukuk ka rena banyak disebutkan dalam beberapa hadis.

Menurut hadis yang bersumber dari Hasan bin Ali bin Abi Thalib, doa qunut itu dibaca yang berarti, "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Lindungilah aku seperti orangorang yang telah mendapat perlindungan- Mu, berilah berkah pada apa yang telah Engkau berikan ke padaku, lindungilah aku dari kejahatan yang telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari kejahatan yang telah Engkau te tap kan, karena sesungguhnya Eng kau yang dapat menetapkan sesuatu dan tidak ada lagi yang berkuasa di atas diri-Mu. Sesung guhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindungan-Mu. Maha suci Engkau, wahai Rabbku, lagi Maha tinggi." Walla hu a'lam. n

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bacaan Witir Tiga Rakaat dari Niat, Bilal Hingga Jawaban Jamaah

Tata Cara Sholat Dhuha dari Dua Rakaat Hingga Bilangan tak Terhingga

Doa Setelah Shalat Dhuha Versi Muhammadiyah Beserta Terjemahannya

Enam Adab Mengumandangkan Adzan yang Wajib Diperhatikan Muadzin

Perhatikan Baik-Baik! Amalan Ini Jadi Penyelamat Anda dari Alam Kubur

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image