Mau Diangkat Nabi Oleh Komunitas Sunda, Bung Karno: Nabi Muhammad Nabi Terakhir

Sirah  

Salam Sahabat! Nabi Muhammad SAW adalah manusia terbaik sepanjang zaman. Prestasinya tak lekang oleh ruang dan waktu. Seorang penulis Barat, Karen Armstrong, menulis buku tentang Rasulullah SAW, Muhammad: A Biography of the Prophet. Dalam peng antarnya, penulis perempuan itu meng ungkapkan Muhammad SAW sebagai "Manusia paling menakjubkan yang pernah hidup". Penulis lainnya, Micheal Hart, yang memeringkatkan 100 manusia paling berpengaruh di dunia, bahkan menempatkan Rasulullah SAW di peringkat pertama.

Dalam salah satu pidatonya saat Maulid Nabi SAW, Proklamator RI Ir Sukarno menekankan keutamaan Baginda Rasulullah SAW. Dalam ke sempatan itu, Bung Karno bercerita bahwa dia pernah akan diangkat sebagai nabi oleh masyarakat Sunda karena menjadi pencetus Pancasila. Namun, pengakuan itu dihentikan Bung Karno. "Saya bukan nabi. Tidak ada nabi lagi. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir daripada nabi-nabi," ujar dia.

Bung Karno mengungkapkan, salah satu rukun Islam yang lima adalah bersyahadat. Kita per caya jika tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan dari Tuhan. Oleh kare na itu, ujar Bung Karno, Rasulullah bukanlah manusia biasa. Menurut dia, tidak ada pemimpin terbaik selain Nabi Muhammad SAW.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Bung Karno, iman kepada Rasul benar-benar masuk di dalam akal. Dia beralasan, kalangan monyet dan ikanikan di laut selalu ada pemimpin. Begitu ju ga manusia yang memiliki pemimpin se perti nabi dan rasul. "Masuk akal jika kita harus percaya kepada rasul-rasul. Padahal, kita enggak pernah melihat Muhammad, enggak pernah melihat Musa, enggak per nah melihat Isa," ujar dia.

Bung Karno: Gandi Hingga Stalin Pernah Bersalah, Nabi Muhammad Tidak

Baca juga: Raja Sriwijaya Pernah Berkirim Surat kepada Muawiyah, Begini Isinya

Baca juga: Surat Maharaja Sriwijaya kepada Umar bin Abdul Aziz: Saya adalah Saudaramu dalam Islam

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image