Surat Maharaja Sriwijaya untuk Umar bin Abdul Aziz: Saya adalah Saudaramu dalam Islam

Sirah  

Salam Sahabat! Setelah mengirim surat pertama kepada khalifah Muawiyah, surat kedua dikirim oleh Maharaja Sriwijaya pada 718 M kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Isinya merupakan permohonan kepada khalifah untuk mengutus ulama yang dapat menjelaskan ajaran dan hukum Islam kepadanya.

Raja Sriwijaya atau Sribuza menyebut dirinya sebagai Malik al-Amlak atau Maharaja. Sementara, kedua khalifah tersebut disebut sebagai raja Arab.

Kasori Mujahid dalam Buku Di Bawah Panji Estergon menjelaskan, surat Maharaja Sriwijaya kepada Umar bin Abdul Aziz terdapat dalam Kitab An-Nujum az-Zahirah fi Muluk Misri wa al-Qahirah (Bintang-Bintang Terang Raja Mesir dan Kairo) karya Ibnu Tagribirdi (1470 M). Dalam kitab ini, Maharaja menyatakan masuk Islam dan meminta Khalifah Umar bin Abdul Aziz menganggap dirinya sebagai saudara dalam Islam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Siapa Raja Sriwijaya yang Bersurat kepada Umar bin Abdul Aziz?

Baca juga: Raja Sriwijaya Pernah Bersurat kepada Muawiyyah, Begini Isinya

Berkata Ibnu Asakir: “Dari Raja sekalian raja yang juga adalah keturunan ribuan raja, yang istrinya pun adalah cucu dari ribuan raja, yang wilayah kekuasaannya terdiri dari dua sungai yang mengaliri tanaman lidah buaya, rempah wangi, pala, dan jeruk nipis, yang aroma harumnya menyebar hingga dua belas mil, yang kebun binatangnya dipenuhi ribuan gajah kepada Raja Arab, ‘Amma ba’d.

Sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepadaku kepada Islam. Kuharap engkau sudi mengutus seseorang untuk mengajarkan kepadaku ajaran Islam, Alquran dan segala hukum-hukumnya (syariat-syariat Islam). Aku telah mengirimkan kepadamu hadiah jabat (misk), batu mutiara, dupa wewangian dan barus. Terimalah sebagai tanda persahabat. Saya adalah saudaramu dalam Islam. Wassalam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image