Sepuluh Jurus Mudah Bangun Sholat Malam tanpa Alarm

Tuntunan  

Sholat malam merupakan ibadah yang amat dianjurkan Rasulullah SAW, khususnya saat Ramadhan. Meski demikian, hanya sedikit orang yang melakukannya karena sulitnya untuk beribadah pada sepertiga malam terakhir. Dikutip dari Sallamah Muhammad Abu Al Kamal, berikut kiat jitu untuk memudahkan anda terbangun shalat malam tanpa menggunakan alarm.

1. Hindari Maksiat

Kemaksiatan dapat menyebabkan kekerasan hati dan menghalangi limpahan rahmat Ilahi. Orang yang berbuat dosa tidak akan diberi pertolongan untuk bangun malam. Sebaliknya, orang yang berbuat baik akan diberi kemudahan. Hal ini sebagaimana dikatakan Imam Hasan Al Bashri saat ditanya seseorang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Wahai Abu Sa’id (panggilan akrab al-Bashri) aku ingin bangun malam dan menyucikan diri, tetapi aku tidak bisa melakukannya. “Al Bashri menjawab, “Dosa-dosamu telah membelenggu jiwamu.”

2. Hindari Kemewahan di Tempat Tidur

Rasulullah SAW berpesan kepada Mu’adz bin Jabal, “Waspadalah terhadap kemewahan karena hamba-hamba Allah bukanlah orang-orang yang mencari kemewahan.”

Hafshah pernah ditanya tentang bagaimana tempat tidur Rasulullah SAW. Dia menjawab, “Berupa selimut kasar dari wol yang dilipat dua. Beliau tidur diatasnya. Ketika bangun pada suatu malam, aku berkata dalam hati, ’Sekiranya aku melipatnya empat kali, tentu alas ini akan menjadi lebih empuk.’ Oleh karena itu, aku melipatnya empat kali. Ketika Subuh, beliau bertanya, ‘Mengapa kamu tidak menghamparkan alas tidurku pada malam ini?’ ‘Aku melipatnya empat kali agar menjadi lebih empuk’. Beliau bersabda, ’Tidak perlu melakukan itu karena hal itu akan mencegahku dari shalat malam.” (HR At-Tirmidzi).

3. Hindari Pandangan dan Pembicaraan tidak Perlu

Supaya mudah terbangun pada malam hari, jagalah pandangan dari melihat sesuatu yang diharamkan dan jaga pula lisan anda dari mengatakan sesuatu yang tidak diperlukan. Rasulullah SAW bersabda,”Termasuk kesempurnaan iman seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna.” (HR At-Tirmidzi).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image