Resensi: Hari Setelah Kita Mati dari Munkar-Nakir Hingga Panasnya Neraka

Pustaka  

Salam Sahabat! Resensi Buku Maktabu kali ini mengulas tentang peristiwa-peristiwa yang akan kita alami setelah mati. Pencapaian manusia di bidang teknologi tak jarang mem bawa makhluk yang hina ini terjerembab ke lembah kesombongan. Alih-alih bersyukur kepada apa yang Allah ciptakan, mereka justru merasa sudah menuju ke keabadian.Padahal, apa yang mereka ciptakan dan temukan tak akan sanggup berbicara banyak saat menemui ajalnya kelak.

Alih-alih memikirkan segala prestasinya, mereka bahkan sudah merasa kebingung an untuk menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir di tanah kuburan yang masih basah.Buku ini mengingatkan kita jika kematian itu merupakan suatu hal yang pasti. Ustaz Abu Bassam Oemar Mita, penulis buku ini, hendak meyakinkan para pembacanya jika rasa takut terhadap balasan siksa akhirat amat penting untuk diresapi.

Baca juga: Najeela Shihab Menjawab dari Seks Luar Nikah Hingga Cinta Sesama Jenis

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Abuya Hasan Armin Penyambung Tarekat Qadariyah Naqsabandiyah

Baca juga: Petualangan Kareem dan Khalil Mencari Allah

Rasa ini menjadi senjata keimanan kita saat perasaan takabur mulai melanda.Penulis bahkan menyebutnya sebagai lentera. Perasaan takut tersebut dipandang akan memberi energi positif untuk mengendalikan kehidupan yang lebih baik di dunia atau kelak di akhirat. Siapa pun yang tumbuh rasa takutnya, tentunya dia akan berkomitmen untuk tidak merusak kehidupannya dengan perkara yang dibenci Allah SWT.

Untuk mengelola perasaan tersebut, penulis menggambarkan perja lanan manusia ke alam setelah dunia yang tertuang lewat 14 babnya. Dalam bab-bab tersebut, penulis menjelaskan tentang hari akhir dan keimanan manusia tentangnya. Setelah itu, bab tentang mereka yang melampaui batas beserta golongan-golongannya.

Bab yang mengerikan adalah saat prosesi kematian dijalani untuk kemudian menapak kepada alam barzakh.Tak kalah menyeramkan, penulis membawa kita ke panggung keadilan di mana rapor amal perbuatan kita dibagikan. Bagai manapula mizan yang menjadi penimbang amal kita ditegakkan? Seperti apa telaga kautsar itu? Bagaimana dahsyatnya ujian orang-orang yang melewati jembatan shirathal mustaqim?Lantas, saat akhirnya manusia harus mencicipi panasnya neraka, se perti apa kondisi mereka?

Semua itu di des kripsikan oleh penulis lengkap dengan dalil Alquran dan Hadis. Untuk itu, penting kiranya buku ini dibaca demi menegakkan kesadaran kita tentang alam akhirat.

Judul Buku : The Day After You Die

Penulis : Abu Bassam Oemar Mita

Penerbit : Zaduna

Cetakan : Cetakan ke-1, 2021

Tebal Buku : 350 Halaman

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image