Benarkah Baca Doa Rukuk Harus Tiga Kali Diulang?

Tuntunan  

Salam Sahabat! Rukuk merupakan salah satu gerakan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW. Pendiri Quantum Akhyar Institute Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, frekuensi membaca bacaan dalam rukuk sesungguhnya tidak dibatasi. Ketika rukuk, seorang bisa membaca sekali, dua kali, tiga kali atau selebihnya.

Menurut dia, esensi bacaannya bukan berapa kali kuantitas. Na mun, jumlah bilangan itu menunjukkan penghayatan kita kepada makna kalimat yang kita bacakan. Dia menjelaskan, rukuk menjadi salah satu sarana ampuh un tuk berdoa kepada Allah SWT. Menurut dia, di dalam rukuk, ada peluang besar terkabulnya doa seorang Muslim. Dia pun menyitir salah satu ayat dalam Alquran.

" Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari Fadhilah Allah dan ridhwan-Nya " (QS al-Fath: 29).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Rukuknya Rasulullah, Bisa Tahan Air Saking Lurusnya

Baca juga: Baca Alquran Saat Rukuk dan Sujud, Bolehkah?

Baca juga: Survei: Ada 90 Persen Pembaca Salah Baca Alfatihah

Fadhilah merupakan salah satu keutamaan khususnya dalam urusan dunia. Doa-doa untuk me raih keutamaan tersebut bisa di ha jatkan ketika rukuk. Doa diucapkan dalam hati dengan keyakinan tanpa keraguan. Tak hanya itu, doa ini pun bersifat paling utama. Artinya, nomor satu da lam urusan dunia. Namun, kita semestinya cerdas dalam memaknai keutamaan ini. Artinya, keutamaan tersebut harus melihat apa yang kita butuhkan dan be nar-benar cocok dengan diri kita. Bukan semata-mata keinginan.

Bagaimana dengan ridhwan? Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna semua aktivitas yang sudah diridhai Allah. Ketika sudah mendapat ridha Allah, maka sudah bernilai ibadah. Menurut Ustaz Adi, jika Allah sudah ridha artinya sudah ada pahalanya.

Dia mencontohkan, para sahabat Nabi SAW yang disebutkan Allah sebagai Radhiyallahuanhum wa ra dhuanhu atau ridha Allah un tuk mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya (QS al-Bayyinah: 8).Semua aktivitas mereka dijaga sehingga selalu menjadi ibadah. Karena itu, Ustaz Adi menjelaskan, ridhwan bermakna sebagai keutamaan atau kemuliaan akhi rat. Ketika Fadhlan dan Ridhwan disandingkan, dimohonkan dan insya Allah dikabulkan, maka akan lahir hamba yang utama baik dari sisi dunia dan akhirat. wallahualam

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image