Baca Alquran Saat Rukuk dan Sujud, Bolehkah?

Tuntunan  

Rukuk memiliki bacaan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Beberapa bacaan rukuk yakni 'Sub haana Robbiyal 'Azhimi' ("Maha suci Rabbku yang Maha agung").

Dr Said bin 'Ali bin Wahf al-Qahthani dalam Ensiklopedi Shalat mengungkapkan, ada bacaan tam bahan lain yang bisa dirapalkan seperti apa yang diriwayatkan Nabi SAW.

"Subhanakallahumma Rob banaa wa bihamdikalla hum magh firli" artinya "Maha suci Engkau, ya Allah, Rabb kami dan segala puji hanya bagi-Mu. Ya Allah, ampunilah aku." "Subbuhun quddusun robbul malaikati warruuh." artinya "Ma ha suci, Mahakudus, Rabb para malaikat dan ruh."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Allahumma laka roka'tu wa bika amantu walaka aslamtu anta robbi khasya'a sam'i wa ba shari wa mukkhi wa 'azhmi wa'as habi" artinya "Ya Allah, untuk-Mu aku rukuk, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu pula aku berserah diri, pendengaran, penglihatan, otak, tulang, dan uratku khusyu' (tunduk) kepada-Mu."

Nabi SAW melarang membaca Alquran ketika rukuk dan sujud. Nabi SAW bersabda, "Ketahuilah, sesungguhnya aku dilarang membaca Alquran pada saat sedang rukuk dan sujud. Adapun pada saat rukuk maka agungkanlah Rabb yang Mahaperkasa lagi Mahamulia. Sedangkan, dalam sujud, bersungguh-sungguhlah dalam doa sehingga doa kalian layak untuk dikabulkan."

Baca juga: Tiga Wanita Cantik Rusia Ini Jadi Mualaf, Kisahnya Bikin Auto Meleleh

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image