Survei: Ada Lebih dari 90 Persen Pembaca Salah Baca Surah Alfatihah

News  

Membaca Surah Al Fatihah merupakan salah satu rukun shalat. Kita bisa membaca surah lain dengan bacaan yang lebih panjang dan memakan durasi lama namun apabila kita lalai dalam membaca Al-Fatihah, maka tidak sah shalat kita. Ustaz Muhammad Furqan Alfaruqy, sebagai salah seorang dai pemegang sanad bacaan Rasulullah SAW memahami betul hakikat ini. Karena itu, Ustaz Furqan fokus untuk membangun ‘bengkel’ Qur’ani bernama Al-Fatihah Center (AFC). Sebuah tempat khusus untuk membina Muslim agar mampu membaca surah Al-Fatihah dengan tartil lewat metode talaqqi dan musyafahah.

Tidak heran jika Ustaz Furqan fokus untuk membenahi bacaan surah Al-Fatihah dari umat Islam. Berdasarkan hasil riset pribadinya yang juga dimuat dalam buku Tiada Shalat tanpa Alfatihah, ditemukan fakta ada lebih dari seribu jenis kesalahan dalam membaca Al-Fatihah dari kalimah ta’awwudz, tujuh ayat surah al-Fatihah dan kalimah ta’min. Fakta mengejutkan lainnya, lebih dari 90 persen pembaca surah al-Fatihah memuat kesalahan fatal dalam pelafalannya sehingga berisiko merusak hingga membatalkan ibadah shalat.

Buku yang disusun saat masa pandemi ini merupakan buah pikir sekaligus rekaman aktifitas penulis mengenai shalat dan surah Al-Fatihah. Buku ini ditulis tidak hanya dengan dalil dan ayat tetapi kaya dengan unsur ra’yi atau logika. Dalam Bab Untuk Apa Ibadah Shalat? Penulis menjelaskan shalat sebagai proyek investasi. Di bagian ini, tertera analogi tentang seorang lelaki Muslim yang sudah berusia 40 tahun dan melaksanakan ibadah shalat fardhu dan shalat Jumat. Jika dihitung, maka yang bersangkutan sudah melakukan 201.323 rakaat shalat. Meski nilai ibadah tersebut tidak bisa dihitung dengan kalkulasi matematika sederhana, namun itu menjadi gambaran betapa beruntung Muslim yang konsisten melakukan shalat. Meski demikian, keadaan sebaliknya akan terjadi apabila Muslim ternyata menunaikan shalatnya tanpa kualitas yang baik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain menekankan urgensi shalat, penulis mengungkap mengenai betapa penting surah Al-Fatihah dalam shalat. Surah yang disebut sebagai Ummul Qur’an ini merupakan wujud dialog agung antara hamba dengan Tuhannya. Surah ini juga ternyata memuat doa paling utama bagi umat manusia. Peran surah Al-Fatihah pun disebutkan sebagai prosesor utama ibadah shalat. Tanpa adanya Al-Fatihah atau banyaknya ‘error’ dalam bacaan Al-Fatihah seorang Muslim, maka shalatnya akan bermasalah. Untuk itu, Ustaz Furqan memperkenalkan tentang Al-Fatihah Center (AFC) dan Program SAFA (Save Our Al-Fatihah), sebuah program pembinaan bacaan Al-Fatihah yang dikemas dengan memaksimalkan teknologi digital untuk menjangkau lebih banyak Muslim di seluruh dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image