Daftar Produk Inovasi Karya Aryanto Misel, dari Bikin Avtur Hingga Nikuba

News  

Aryanto Misel, sosok penemu Niku Banyu alias Nikuba kembali menjadi buah bibir publik Tanah Air. Terlebih, Aryanto ternyata diundang ke Italia pada Jumat, 16 Juni 2023 lalu. Aryanto mendapatkan kontrak setelah presentasi di hadapan para petinggi kendaraan supersport seperti Ducati dan Ferrari hingga Lamborghini.

Dilansir dari laman tniad.mil.id, Nikuba merupakan alat pengubah air menjadi bahan bakar untuk sepeda motor. Nikuba berfungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor.

Sebelum Nikuba, Aryanto telah lebih dahulu menemukan ratusan alat lainnya dan sebagian telah dijual ke luar negeri. Baginya hal itu ia lakukan semata-mata karena kegemarannya dalam ilmu fisika sejak duduk di bangku SMP.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Sudah ada 120 alat yang sudah saya temukan termasuk Nikuba. Dan 8 di antaranya sudah saya jual ke Jepang dan Hongkong. Semenjak SMP saya suka ilmu fisika. Buat saya mempelajari ilmu fisika memberi kenikmatan tersendiri bagi diri saya,” ucap Aryanto seperti dilansir dari laman dprd.cirebonkab.go.id.

Penemuan pertama Aryanto adalah adalah Avtur, bahan bakar untuk pesawat Aeromodelling pada tahun 1987. Setelah itu, di tahun 2005 Aryanto juga membuat Bio Diesel yang digunakan khusus untuk kapal nelayan untuk menghemat bahan bakar.

“Pada tahun 2005 harga BBM kan pernah naik sampai 100 %. Dari Rp 2.200 per liter mencapai Rp 4.500/liter. Dan itu membuat para nelayan banyak yang tidak pergi melaut. Kemudian saya mencoba membuat Bio Diesel yang terbuat dari minyak jelantah,” jelas Aryanto.

Berkat penemuannya itu, untuk pertama kalinya Aryanto masuk di surat kabar. Kemudian berita penemuan Bio Diesel juga sampai di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Cirebon. Aryanto tak absen dari undangan dari Pemkab Cirebon untuk mempresentasikan hasil temuannya.

Temukan pemadam api..

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image