1 Ramadhan 2022 Mau Ikut NU atau Muhammadiyah? Ini Fatwa dari MUI

News  

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan Fatwa Nomor 2 Ta hun 2004 tentang Penetapan Awal Ra madhan, Syawal dan Dzulhijah.Dalam pertimbangannya, Ko misi Fatwa MUI menyebutkan, umat Islam Indonesia dalam me laksanakan puasa Ramadhan, shalat Idul Fitri dan Idul Adha, serta ibadah-ibadah lain yang terkait dengan ketiga bulan tersebut terkadang tak dapat mela kukannya pada hari dan tanggal yang sama. Penyebabnya, adanya perbedaan dalam penetapan awal bulan-bulan tersebut.

Para ulama menilai, perbedaan penetapan ketiga awal bu lan itu dapat menimbulkan citra negatif terhadap syiar dan dak wah Islam. Jadi, MUI memandang perlu me netapkan fatwa ten tang penetap an awal bulan Ra madhan, Sya wal, dan Dzulhi jah untuk dijadikan sebagai pe doman.

Berdasarkan putusan ijtima ulama komisi fatwa se-Indonesia ten tang penetapan awal bulan Ra madhan, Syawal, dan Dzulhj jah serta keputusan rapat komisi fatwa MUI, telah ditetapkan fat wa tentang penetapan ketiga awal bulan tersebut.Fatwa MUI itu menetapkan, pertama, penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah dilakukan berda sarkan metode rukyat dan hisab oleh Pemerintah RI, Menteri Aga ma, dan berlaku secara nasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, seluruh umat Islam di Indonesia wajib menaati ketetapan Pemerintah RI tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah. Ketiga, dalam me netapkan awal Ramadhan, Sya wal, dan Dzulhijah, menteri aga ma wajib berkonsultasi de ngan Majelis Ulama Indonesia, ormasormas Islam, dan instansi terkait. Keempat, hasil rukyat dari dae rah yang memungkinkan hilal dirukyat walaupun di luar wila yah Indonesia yang mathla'-nya sama dengan Indonesia dapat di jadikan pedoman oleh Menteri Agama RI.

Fatwa itu merekomendasikan agar MUI mengusahakan adanya kriteria penentuan awal Rama dhan, Syawal, dan Dzulhijah un tuk dijadikan pedoman oleh men teri agama dengan membahasnya bersama ormas-ormas Islam dan para ahli terkait.

Bayar Qadha Puasa Sehari Menjelang 1 Ramadhan 2022, Bolehkah?

Benarkah Lelaki Akhir Zaman akan Beristri 50? Ini Jawaban Cerdas UAH

Viral Sebut Lelaki Akhir Zaman Beristri 50 Perempuan, Begini Penjelasan Buya Arrazy

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image