Saifuddin Quthuz, Pahlawan Penakluk Bangsa Tatar

Pustaka  

Oleh Irwan Kelana

Ketika Daulah Islamiyah tengah mengalami karut marut yang parah karena penghuninya saling berperang satu sama lain demi merebut kekuasaan sementara melupakan ajaran agama, bangsa Tartar justru makin perkasa. Mereka menyebar, berkembang, menghentak, lalu menguasai negeri-negeri Islam dalam waktu yang walaupun tidak dapat dibilang singkat.

Boleh dibilang, bangsa Tartar menjadi momok bagi kaum Muslimin ketika itu. Mereka menghancurkan wilayah dunia Islam, mulai Baghdad, pusat kekhalifahan Abbasiyah hingga berada di pintu Ne geri Mesir. Hal itu terjadi pada tahun 600-an Hijriyah atau 1.200-an Masehi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saifuddin Quthuz menjadi tokoh yang mampu membendung gelombang serangan bangsa Tartar ke wilayah Islam. Buku ini menceritakan tentang sosok yang telah berjasa besar kepada umat Islam tersebut. Sosok yang muncul dari kerajaan Mamluk (Mesir).Sultan Quthuz adalah sosok yang berhasil mengalahkan pasukan Tartar serta menghentikan laju gerak mereka di negeri kaum Muslimin Afrika. Dia pulalah yang mampu mengusir bang sa Tartar dari Negeri Syam.

Penulis membagi bu ku nya menjadi 10 bab. Dimulai dengan asal-usul Mamalik dan pertumbuhan mereka (bab 1), riwayat Malik Shalih Ayyub dan Mamalik (bab 2), riwayat Syajaratud Dur (bab 3), sebab-sebab keruntuhan Daulah Ayyubiah (bab 4), priode menjelang kemun culan Syaifuddin Quthuz (bab 5), persiapan pertem puran Ain Jalut (bab 6), serangan Tartar ter hadap Syam (bab 7), dan peristiwa dan hasil pertempuran Ain Jalut (bab 8), Quthuz meng ha dapi Tartar (bab 9), dan per tempuran Ain Jalut (bab 10).Buku ini perlu dibaca oleh setiap Muslim, untuk menambah wa wasan kita tentang kepahla wanan dalam Islam, serta menambah moti vasi dan sema ngat keislaman di dalam jiwa dan hati kita.

Judul : Saifuddin Quthuz: Sang Penakluk Bangsa Tartar

Penulis : Ash-Shawi Muhammad Ash-Shawi

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar

Cetakan : I, Januari 2022

Tebal : xviii+316 hlm

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image