Soroti Logo Halal Baru, Ainun Najib: Teks Halal dan Warna Hijau adalah Kunci

News  

Salam Sahabat! Logo halal yang baru saja diluncurkan Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) mendapat sorotan dari banyak pihak di media sosial. Salah satunya datang dari Ainun Najib, seorang praktisi di bidang data dan teknologi yang namanya sempat disebut-sebut Presiden Joko Widodo sebagai sosok pemilik talenta digital luar biasa di luar negeri. Sampai-sampai, Jokowi meminta Ainun Najib untuk pulang ke Indonesia.

Nah, lewat cuitan di akun Twitter @ainunnajib, cendikiawan muda Nahdlatul Ulama (NU) itu sempat mengomentari akun @mmaryasir yang mencuit “Salah satu yg ikonik dr logo halal (yg lama) dan lumayan banyak kesamaan sama negara lain adalah warna hijau dan tulisan حلال . Itu aja kayaknya yg penting ada dan mudah dikenali. Trus gw nemu beberapa logo yg nyantumin elemen peta ke logonya biar ada khasnya. Menarik nih dicoba!”

Menurut Ainun Najib, teks halal dan warna hijau adalah kunci seperti dalam cuitannya: “Setuju sekali.Buat konsumen, teks حلال dan warna hidjaoe adalah koentji.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Logo Halalnya tak Berlaku, Masihkah MUI Berperan dalam Sertifikasi Halal?

Baca juga: Logo Halal MUI Masih Bisa Digunakan Hingga 1 Februari 2026

Tidak hanya itu, Ainun Najib pun turut meretweet akun @dyahwie yang meminta agar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mendengar saran dan masukan netizen mengenai logo halal yang baru. Salah satunya pertimbangan pasar internasional.

Halo Pak Menag @YaqutCQoumas mohon berkenan mendengarkan concern, saran & masukan netizen twitter mengenai logo halal yg baru. Masuk akal dan bagus2 saran mereka, salah satunya pertimbangan pasar internasional. Tinggal search di Twitter dg keywords "logo halal baru" . Trims.

Sebagai konsumen, Ainun Najib pun berpendapat jika yang paling efektif itu logo halal Thailand. Jika dipandang sekilas dan dari jauh pun jelas itu logo halal. Apalagi kalau sudah terbiasa dengan bentuk wajiknya itu.

BPJPH Kemenag sebelumnya meluncurkan logo halal mirip gundukan wayang. Menurut Kepala BPJPH Aqil Irham, Label Halal Indonesia secara filosofi mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesian. Bentuk dan corak yang digunakan merupakan artefak-artefak budaya yang memiliki ciri khas yang unik berkarakter kuat dan merepresentasikan Halal Indonesia.

"Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek, yaitu bentuk Gunungan dan motif Surjan atau Lurik Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas, lancip ke atas. Ini melambangkan kehidupan manusia," kata Aqil Irham mengilustrasikan.

Baca juga: Label Halal Baru Ditetapkan, Bentuknya Menyerupai Wayang

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image