Mengusap Sepatu Saat Berwudhu, Begini Contoh dari Rasulullah

Tuntunan  

Salam Sahabat! Berwudhu merupakan syarat sah ibadah shalat yang harus dilakukan. Menyapu sebagian kepala dan membasuh kaki hingga ke kedua mata kaki merupakan bagian dari rukun wudhu. Hal ini sesuai dengan apa yang difirmankan Allah SWT dalam Alquran, yakni: “Dan sapulah kepala kalian dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS Al-Maidah: 6).

Salah satu kondisi seseorang berwudhu saat mengenakan khuff. Khuff merupakan alas kaki dari kulit yang menutupi mata kaki. Istilah ini juga merujuk pada sepatu, kaos kaki, penutup kepala dan pembalut luka. Mengusap khuff dicontohkan Rasulullah SAW sebagaimana dikatakan Imam Al Hasan al-Bashri. “Disampaikan kepadaku oleh tujuh puluh orang sahabat Nabi SAW bahwa beliau mengusap kedua khuff beliau.”(Kitab Faathul Baari/I/306).

Bagaimana melakukan khuff? Ibnu Qudamah dalam Kitab Al-Mughni menjelaskan bagaimana tata cara Nabi SAW berwudhu. “Beliau berwudhu dan mengusap bagian atas kedua khuffnya lalu beliau meletakkan tangan kanan di atas khuff sebelah kanan dan tangan kiri di atas khuff sebelah kiri. Kemudian, beliau mengusap bagian atas keduanya dengan sekali usapan sehingga seolah-olah aku melihat pada ujung jari-jari beliau di atas kedua khuff."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Jelang Ramadhan, Marak Shalawatan dengan Dangdut Koplo, Apa Hukumnya?

Baca juga: Tujuh Syarat Berwudhu Saat Masih Mengenakan Sepatu

Baca juga: Viral Motif Sarung Mirip Anjing, Begini Klarifikasi PT Behaestex

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image