RI Dapat Kuota Haji 221 Ribu Tahun Depan, Akankah Biaya Haji Naik Lagi?

News  

MAKKAH --- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah menginformasikan jika besaran kuota haji pada 2024 sebanyak 221 ribu jamaah. Informasi ini disampaikan melalui surat yang diserahkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang diberikan usai Haflat al-Haj al-Khitamy 1444 H, pada 30 Juni 2023. Perayaan atas selesainya penyelenggaraan ibadah haji ini berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Makkah. Acara ini mengangkat tema "Khitaamuhu Misk".

Hadir Menag Yaqut Cholil Qoumas yang duduk bersebelahan dengan Menhaj Taufiq. Helat ini diikuti sejumlah menteri dan delegasi negara pengirim jamaah haji."Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menginformasikan kuota haji 2024 ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tahun depan, kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 jemaah," terang Menag Yaqut Cholil Qoumas di Makkah, Ahad (2/7/2023) seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Meski demikian, masyarakat di Indonesia masih menunggu berapa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2024. Seperti diketahui, BPIH merupakan jumlah total keseluruhan penyelenggaraan ibadah haji yang ditanggung jamaah ditambah dengan nilai manfaat dari hasil dana kelola setoran awal jamaah. Sementara itu, biaya perjalanan ibadah haji merupakan biaya yang harus ditanggung oleh jamaah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk musim haji tahun lalu, Pemerintah dan Komisi VIII DPR telah menyepakati besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M dengan rata-rata Rp90.050.637,26 par jamaah haji reguler. Sementara itu, Bipih rata-rata di Indonesia mencapai Rp 49,8 juta. Dengan dalih pengamanan terhadap keuangan haji, Kemenag sebenarnya berniat untuk menaikkan Bipih 2023 hingga Rp 69 juta atau 70 persen dari BPIH. Hanya saja, ketok palu di DPR memutuskan jika Bipih hanya naik menjadi Rp 49,8 juta. Untuk penentuan BPIH dan Bipih 2024 biasanya akan dilakukan beberapa bulan menjelang pemberangkatan jamaah kloter pertama ke Arab Saudi. Meski demikian, menag sebelumnya sudah mewacanakan akan menaikkan biaya setoran awal jamaah haji agar tidak memberatkan saat pelunasan.

Tahapan penyelenggaraan haji..

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image