Cara Mudah Daftar Itikaf di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

News  

Salam Sahabat! Itikaf merupakan sunah Rasulullah SAW yang dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Selama sepuluh hari itu, jamaah itikaf akan berdiam diri dan fokus untuk beribadah di masjid. Salah satu lokasi favorit itikaf tentu saja ada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang terletak di Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

Di Saudi, itikaf dimulai pada 20 Ramadhan dan berakhir setelah sholat Isya saat bulan Syawal sudah tampak. Dilansir dari lifeinsaudiarabia.net, jika anda yang kebetulan sedang berada di Saudi atau sedang melaksanakan ibadah umrah, anda bisa mengajukan aplikasi secara online dengan persyaratan usia minimum 18 tahun, memiliki ijin tinggal terbaru (valid iqama)/visa umrah/visa kunjungan. Anda juga harus menyiapkan copi digital iqama/paspor.

1. Itikaf di Madinah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Registrasi itikaf di Madinah sudah dimulai pada 16 April 2022 melalui aplikasi Za’eroon App yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasi tersebut terinstal, anda tinggal mengikuti prosesnya untuk bisa memenuhi registrasi itikaf di Madinah.

1. Pilih “Language” (Bahasa yang anda gunakan).

2. Klik “My Services” (Pelayanan) yang ada di bagian bawah

3. Klik “Itikaf Service” (Pelayanan Itikaf)

4. Pilih “Create New” (Buat Baru)

5. Isi detail dari aplikasi kemudian klik “Sign Up” (Mendaftar).

6. Klik “My Services”

7. Klik “Itikaf Service”

8. Jenis identitas

9. Masukkan tanggal lahir (hijriah).

10. Klik “Send”

Selesai! Permintaan anda untuk mendapatkan izin itikaf di Madinah telah diterima. Untuk mengecek izin itikaf anda, anda bisa melakukan klik Service kemudian pilih Itikaf Service.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image