Saat Prajurit Tapal Batas Jadi Sahabat Anak TK

Literasi  

Salam Sahabat! Pejuang literasi tak hanya datang dari guru dan pengajar. Aparat keamanan seperti prajurit TNI pun bisa melakukannya. Para Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG 711/Rks mau meluangkan waktu menjadi sahabat belajar sekaligus bermain bersama siswa TK di perbatasan TK Cenderawasih Arso Tami, Kabupaten Keerom, Papua.

"Di tengah rutinitas melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah perbatasan RI-PNG para prajurit Satgas Yonif 711/Rks menjadi teman belajar anak TK Arso tami, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua," ujar Danpos Arso Tami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Frans Nainggolan dalam keterangannya seperti dilansir Antara, Jumat.

Frans menjelaskan, aktivitas anggota Pos Arso Kota untuk ikut membantu mengajar anak-anak Paud dan TK ini sudah menjadi bagian dari keseharian personel satgas. Mereka turut andil mencerdaskan anak-anak usia dini di perbatasan."Kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI kepada dunia pendidikan dan juga mengenalkan sosok prajurit TNI agar lebih dekat dengan anak-anak usia dini,"ujar dia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagai prajurit TNI, menurut Letda Nainggolan, personel TNI juga harus peduli dengan keadaan sekitar, termasuk sesuatu hal kecil seperti mengajar adik-adik yang kita lakukan saat ini. Menurut dia, kemauan anak-anak untuk belajar sungguh luar biasa. Meski saat ini tengah situasi pandemi COVID-19 dan varian baru Omicron, mereka memiliki semangat tinggi untuk mengejar cita-cita.

Danpos Letda Nainggolan berharap, sebagai Satgas tentu akan selalu memberikan yang terbaik buat generasi muda di kampung ini."Bahkan kami siap memberikan materi pelajaran lewat door to door,"ujar dia.

Materi yang diberikan kepada siswa Paud dan TK yakni pembelajaran pendidikan tentang kedisiplinan dan etika sopan santun kepada orang tua. Para prajurit menerapkan metode bermain sambil belajar,. Dengan begitu, mereka akan merasa santai dan senang sehingga materi yang diberikan lebih mudah dicerna dan diserap anak-anak.

Pada kesempatan itu, personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks memberikan bantuan berupa tas, buku tulis, alat tulis dan perlengkapan mengajar untuk memudahkan siswa belajar.Sementara itu, Kepala Sekolah Paud dan TK Cenderawasih Marina Maria sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan personel Satgas Yonif 711/Rks di sekolahnya."Terima kasih kami ucapkan atas dedikasi dan bantuan yang diberikan Bapak Satgas, anak-anak sangat antusias dan senang sekali diajarkan Bapak TNI," ujar Marina Maria.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image