Resensi: Wahai Para Suami! Tirulah Nabi yang Amat Romantis dengan Para Istrinya

Pustaka  

Salam Sahabat! Resensi buku Maktabu kali ini me-review sebuah buku berisi hadis-hadis mengenai kisah cinta Nabi SAW dengan para istrinya. Kehangatan beliau kepada para istri ditunjukkan lewat panggilan yang memanjakan. Bak pengantin baru, Rasulullah SAW bahkan kerap memegang tangan istrinya, bersandar di pundaknya, dan tidur di pangkuannya.

Di sis lain, para istri Nabi SAW selalu menunjukkan rasa cintanya. Mereka memahami keinginan Nabi SAW sebelum beliau mengatakannya. Rasulullah pun dikenal dengan kehangatannya kepada keluarga. Beliau kerap berbincang, menghibur, dan membahagiakan mereka pada malam hari.

Nabi tidak pernah melupakan aspek kemanusiaan kepada keluarganya. Mereka juga menginginkan sentuhan kasih dan ungkapan lembut yang membuat hidup lebih hidup. Sikap beliau sesuai dengan sabdanya, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya. Sebaik-baik kalian adalah orangorang yang berakhlak mulia terhadap istri-istri mereka." (HR Tirmidzi).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak hanya itu, beliau bahkan mendahulukan istrinya. Saat berkendara bersama Shafiyyah binti Huyyay ra, unta beliau terpeleset. Nabi SAW dan Shafiyyah terjatuh. Abu Thalhah ra segera menghampiri beliau untuk membantunya berdiri. Namun, Nabi SAW justru bersabda, "Bantulah istriku (terlebih dahulu)!"

Di sisi lain, para istri kerap menyambut beliau. Ketika Nabi SAW pulang dari perang, Siti Aisyah ra kerap menyambutnya dengan permadani tipis miliknya. Dia pun menghias bagian atap rumahnya. Aisyah pun menyambut beliau dengan ucap an, "Semoga rahmat dan kesejahteraan dari Allah selalu tercurahkan kepadamu, wahai Rasulullah SAW. Segala puji bagi Allah yang telah memuliakanmu." (HR Abu Dawud).

Judul Buku : Romansa di Rumah Nabi SAW

Penulis : Abu Hamzah al-Gamidi

Penerjemah : Abdul Amin

Penerbit : Republika Penerbit

Tahun Cetak : September 2019

Tebal Buku : 218 halaman

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image