Gempa Bumi Guncang Nias, Ini Doa yang Bisa Dibaca

Tuntunan  

Gempa bumi kembali terjadi di Nias Selatan dengan kekuatan 6,9 SR. Gempa tersebut mengguncang bumi Nias pada Senin (14/3) tepatnya Pukul 04.38 WIB. Sebagai Muslim, kita diimbau agar berdoa saat terjadi bencana dan musibah termasuk saat mendapatkan ujian berupa gempa. Berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca saat mengalami gempa.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya.

Kita juga dianjurkan memanjatkan doa gempa bumi bagi saudara-saudara kita yang terdampak, dengan melantunkan doa gempa bumi berikut:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Artinya:

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

Sebagai Muslim yang beriman, kita hendaknya bersabar dan percaya bahwa musibah merupakan ujian yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Kita dapat memohon perlindungan kepada Allah dengan melantunkan doa gempa bumi sesuai sunnah di atas dan juga berdzikir ketika terjadi bencana. Dengan terjadinya musibah, khususnya gempa bumi, kita akan selalu mengingat bahwa Allah SWT sebaik-baiknya penolong.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Ali Imran ayat 173 yang berkaitan dengan doa gempa bumi berikut:

Allaziina qoola lahumun naasu innan naasa qad jamauu lakum fakhshawhuin fazaadahum iimaannanwa wa qooluu hasbunal laahu wa nimalwakiil

Artinya:

"(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image