Quraish Shihab Analogikan Shirath dengan Jalan Tol, Apa Bedanya dengan Sabil?

Tuntunan  

Di dalam Alquran, Allah SWT berfirman agar kita terus berada pada jalan yang lurus. Bukan jalan yang dimurkai bukan pula jalan yang sesat. Kita mengenalnya sebagai Shirathal Mustaqim. Kalimat ini ditemukan bukan hanya pada Surah Al-Fatihah. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah menyebut, kata Shirath yang dirangkai dengan Mustaqim ditemukan dalam Alquran sebanyak 32 kali. Shirath menurut Quraish, berbeda dengan kata sabil yang juga dimaknai sebagai jalan. Jika sabil bisa menjadi jalan yang benar atau salah, Shirath hanya ada satu dan selalu bersifat benar dan hak.

Perumpamaan ini tampak jelas dalam QS Al-Maidah ayat 16. “Dengan kitab itulah Allah membimbing orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan-jalan kedamaian (subulassalam), dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan seizin-Nya, dan membimbing mereka menuju ke ash-shirath al-mustaqim yakni jalan luas yang lurus.”

Quraish menganalogikan Shirath sebagai jalan tol. Kita tidak bisa keluar atau tersesat setelah memasukinya. Apabila memasukinya, kita telah ditelan olehnya dan tidak dapat keluar kecuali setelah tiba pada akhir tujuan perjalanan. Shirath adalah jalan yang luas. Semua orang dapat melaluinya tanpa berdesak-desakan. Berbeda dengan sabil yang banyak tetapi merupakan jalan kecil. Meski demikian, Quraish berpendapat, tidak apa kita menelusuri sabil asal pada akhirnya menemukan jalan tol yang luas lagi lurus itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Shirath pun disandingkan dengan mustaqim yang dimaknai lurus. Apa yang diharapkan bukan hanya shirath yakni jalan lebar dan luas tetapi juga jalan yang lurus. Menurut Quraish, jika jalan hanya lebar dan luas tetapi berliku-liku, maka sungguh panjang jalan yang harus ditempuh tersebut. Jalan luas lagi lurus itu menjadi jalan yang dapat mengantar kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image