MSBS Juara Pesantren Unggulan Aceh di FESyar BI 2023

News  

ACEH-Pesantren Teknologi Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) Jantho dinobatkan sebagai Juara Pertama Pesantren Unggulan tahun 2023 tingkat provinsi Aceh setelah berhasil menjuarai Festival Ekonomi Syariah (FESyar) bidang Pesantren Unggulan yang diselenggarakan pada Juni lalu, oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan provinsi Aceh.

Penobatan MSBS sebagai Pesantren Unggulan diumumkan pada Closing Ceremony Meuseuraya Festival 2023 pada Ahad malam (16/7) di Balee Meuseuraya Aceh (BMA). Hadiah dan piala penghargaan diserahkan oleh Deputi Perwakilan BI Aceh Prabu Dewanto dan diterima langsung oleh Pimpinan Pesantren Teknologi MSBS Ust. Gunawan Indra H. M.A. Hasil ini mengantarkan MSBS untuk berhak mengikuti FESyar Sumatera 2023 mewakili provinsi Aceh.

Pimpinan Pesantren Teknologi MSBS Ust. Gunawan Indra H. M.A., dalam keterangannya menyampaikan rasa syukur atas pencapaian yang MSBS peroleh di FESyar 2023. Ust. Gunawan berharap dengan penobatan sebagai Pesantren Unggulan Se-Provinsi Aceh ini, dapat memotivasi seluruh keluarga besar MSBS untuk terus berbenah, terutama dalam pengembangan Unit Usaha milik Pesantren kedepannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Alhamdulillah langkah kita dalam mewujudkan MSBS sebagai Pesantren yang mandiri, mendapatkan respon dan dukungan yang baik dari Bank Indonesia (BI). Kami keluarga besar MSBS, mengucapkan ribuan terimakasih kepada BI dan seluruh pihak yang telah mendukung kami menjadi Pesantren Unggulan pada Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2023 ini. Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi besar bagi kami (MSBS) untuk terus berbenah, mengembangkan berbagai unit usaha yang ada di MSBS, sehingga target kita 'Bismillah' MSBS bisa mandiri di tahun 2026 mendatang." ungkap dia.

Sementara itu Deputi Bank Indonesia (BI) Perwakilan provinsi Aceh, M. Indra Saputra dalam sesi Penjurian Road To FESyar 2023 menjelaskan bahwa MSBS merupakan salah satu Pesantren yang layak untuk diapresiasi dalam hal pengembangan usaha milik Pesantren. Menurut Indra, MSBS telah tepat dalam menjalankan Unit Usahanya, dimana konsep hulu dan hilir yang menjadi konsentrasi beliau telah diterapkan dengan baik oleh MSBS.

"Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pesantren ini (MSBS), dimana konsep Hulu dan hilir yang menjadi konsen saya, itu telah dijalankan dengan baik. Dimana MSBS menempatkan alumni sebagai sumberdaya manusia dalam mengelola unit usaha, disamping santrinya juga diajarkan untuk menjadi calon Entrepreneur. Kemudian juga unit usahanya telah memiliki andil dalam membantu perekonomian Pesantren. Kami juga mengapresiasi langkah pimpinan dalam melihat segmen pasar, ketika gagal di kota Banda Aceh, lalu ada inisiatif untuk beralih ke kota Jantho dengan target pasar yang lebih potensial." tutur dia.

Untuk diketahui bersama penobatan MSBS sebagai Pesantren Unggulan tahun 2023 tingkat provinsi Aceh setelah Pesantren Teknologi yang berdomisili di Kota Jantho tersebut ini memenuhi seluruh aspek penilaian, diantaranya penilaian Infrastruktur & fasilitas pendukung unit usaha, Ukuran unit usaha dan kontribusi, Pengembangan Unit usaha, kerjasama, dan jaringan unit usaha serta hal lain yang terkait dengan kemandirian pesantren di luar aspek-aspek di atas meliputi program Green Lifestyle, Digitalisasi dan Lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image