Apa Sebenarnya Makna Mata Satu yang Menjadi Simbol Dajjal?

Tuntunan  

Salam Sahabat! Dajjal merupakan sebuah makhluk Allah yang akan datang menjelang kiamat. Dalam banyak riwayat, disebutkan jika Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan. Banyak manusia akan terlena karena kesaktian Dajjal.

Dajjal berasal dari kata dajala yang berarti tertutup oleh sesuatu, pembohong, penipu. Kata dajala tersebut dapat ditafsirkan ke dalam beberapa pengertian tentang sifat manusia.

Almarhum Drs H Toto Tasmara menjelaskan dalam bukunya berjudul Dajal dan Simbol Setan jika gerakan Dajjal telah hadir dalam kehidupan manusia. Dajjal telah diketahui dengan ciri berikut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertama, bermata satu atau buta sebelah. Salah satu lambang Dajjal yang disebut sebagai the one eye of Lucifer sesuai dengan penjelasan hadits yang bersumber dari Hudzaifah RA. Ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Dajjal buta mata sebelah kanan. Berambut ikal. Bersamanya ada surga dan neraka. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah ne raka.'"

Mata satu melambangkan bahwa gerakan Dajjal bersifat materialistis murni yang sangat antiagama. Gerakan ini hendak menghapus eksistensi agama yang dinilai me ngotak-kotakkan manusia. Mereka pun mempropagandakan universalitas nilai-nilai kemanusiaan.

Kedua, pendusta. Gerakan ini sudah membuat rekayasa yang canggih untuk mendukung dan menyebarkan kebohongan ajarannya. Lewat kecerdasan dan kekuatannya yang dahsyat, mereka mampu menyebarkan kebohongan dan fantasi secara simultan di muka bumi.

Terakhir, mereka menawar kan surga padahal neraka. De ngan kekuatan inteligensinya yang tinggi, kaum Dajjal ini akan menawarkan berbagai kenikmatan surga dunia. Padahal, surga yang ditawarkan itu tak lain adalah neraka. Mereka yang ingin selamat harus berani menempuh bahaya menantang api karena itulah surga yang sebenarnya. Tipuan mereka tak akan membutakan mata hati orang beriman karena ada Allah di hati mereka.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image