Bahagialah Para Muadzin karena Rasulullah Berdoa untuk Para Pelantun Adzan

Tuntunan  

Salam sahabat! meski berada di luar hukum shalat, adzan memiliki kedudukan penting dalam ibadah lima waktu tersebut. Karena itu, adzan dihukumi fardhu kifayah. Ini pun menjadikan umat Islam selayaknya berlomba-lomba menjadi muazin untuk mengumandangkan adzan. Tak hanya sebagai penanda waktu shalat, ada hikmah lain di balik lantunan suara adzan.

"Apabila adzan (shalat) diserukan maka setan lari sambil kentut sehingga dia tidak mendengar suara adzan itu. Apabila dia (muazin) menyelesaikan adzan, maka ia (setan) datang kembali. Sampai ketika iqamah shalat dikumandangkan, ia (setan) lari. Sampai ketika dia (muazin) menyelesaikan iqamah, dia (setan) datang kembali sehingga dia melintas diantara seseorang dan jiwanya. Dia berkata, "Ingatlah ini dan ingatlah itu, tentang sesuatu yang tidak pernah dia ingat sebelumnya, sehingga orang itu tidak sadar berapa (rakaat) yang telah dia laksanakan?"

Menurut Syeikh al-Utsamain, sesungguhnya adzan adalah media pengusir setan. Adzan membuat setan lari sambil kentut. Artinya, dia panik sehingga mengeluarkan bau dari duburnya. Setan itu bisa mendengar dan melarikan diri dari zikir kepada Allah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagai penyeru shalat, muazin dipuji oleh Allah sebagai orang yang paling baik perkataannya. "Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang me nyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang salih dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS Fushshilat: 33).

Muazin juga disebutkan Rasulullah SAW sebagai kepercayaan umat manusia, sedangkan imam sebagai penanggung jawab shalat.Rasulullah pun mendoakan secara khusus kepada muazin agar diberi ampunan karena perannya dalam shalat. Tak hanya itu, seorang muazin juga akan diberikan pahala berlipat ganda.

Sampai-sampai, Rasulullah SAW bersabda jika seandainya manusia mengetahui seruan azan, kemudian mereka tidak akan mendapatkannya kecuali lewat undian, niscaya mereka akan berundi. Seorang muazin sampai membuat bangga Allah SWT.Seorang penyeru shalat pun akan diberikan ampunan dari Tuhannya dan dijamin masuk surga.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW mengatakan bahwa Allah SWT telah menyaksikan orang-orang yang mengumandangkan azan dan iqamah karena rasa takut. Allah pun telah memberikan ampunan kepada hamba-Nya dan memasukkannya ke dalam surga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image