Golok Teroris dan Drama “Salep 88” yang Jadi Pergunjingan di Twitter

News  

Salam Sahabat! Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menjadi pergunjingan di jagad Twitter. Dengan tagar “Salep 88”, warganet mempertanyakan narasi yang dibangun kepolisian saat mengungkap jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat.

Kepada wartawan, Senin (18/4), Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar sebelumnya mengungkap ada 1.125 anggota NII di Sumbar. Menurut dia, NII berencana untuk menggulingkan pemerintahan yang sah sebelum 2024. Dia mengklaim, NII Sumbar punya visi misi yang sama dengan NII Kartosuwiryo untuk mengganti ideologi Pancasila dengan syariat Islam.

Menurut dia, NII Sumbar juga memerintahkan anggotanya untuk menyiapkan senjata tajam alias golok hingga mencari pandai besi agar rencana tersebut bisa tercapai. Menurut Aswin, persiapan golok tersebut sinkron dengan temuan sebilah golok panjang milik salah satu tersangka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pernyataan Aswin disambut politisi Gerindra Fadli Zon. Anggota DPR RI ini menuding Ungkapan tersebut, seperti menuding masyarakat di Sumbar berpotensi menjadi musuh negara, dengan merencanakan, makar, atau penggulingan pemerintahan yang sah. Menurut dia, hal tersebut menyudutkan orang Minang.

Alih-alih membuat gaduh rakyat Sumatra Barat, Fadli meminta satuan antiteror Polri tersebut mengkaji, dan melakukan aksi nyata dalam pemberantasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Warganet pun beramai-ramai membuat tagar #Salep 88 yang diasosiasikan dengan Densus 88. Seperti diketahui, Salep 88 adalah sebuah merek obat luar yang digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan jamur dan dan infeksi bakteri ringan seperti panu, kudis, kurap dan kutu air.

Akun dengan Twitter @MonangDjihado menulis:

Sejak kapan teroris bawa golok...??*

*_Nih salep 88 ngada-ngada aja klakuannya...!!_*

*Kalo mau tau teroris asli tuh OPM KKB...Sono gih tangkap sebanyak-banyaknya...!!*

Sementara itu, warganet lainnya dengan akun @ZainalAbdiAlam4 mencicit:

Dear tweeps...

Cuma mau ingatkan,hati hati kalo punya golok...

Takut di sangka anggota NII yang mau menjatuhkan rezim...

Bukan begitu , Salep 88..

Nah, kita doakan ya sahabat semoga bapak-bapak Densus 88 bisa memperbaiki narasinya saat menyampaikan keterangan kepada publik agar semakin dipercaya oleh masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image