Mengenal Ismagilov, Mufti Ukraina yang Diincar Separatis Pro Rusia

News  

Salam Sahabat! Mufti Ukraina Syekh Said Ismagilov dikenal karena lantang menyuarakan kekritisannya terhadap kelompok separatis pro Rusia yang menguasai Donbas. Ismagilov bahkan hampir meregang nyawa saat berkendara di sekitar Donbas karena mobilnya ditembaki lewat kaca jendela. Beruntung, nyawanya masih selamat karena dia mengenakan rompi antipeluru.

Ismagilov merupakan seorang warga keturunan Tatar yang lahir pada 9 Agustus 1978 di Donetsk. Dia menempuh pendidikan agamanya di Departemen Teologi Pendidikan Tinggi Islam Moskow yang sekarang dikenal sebagai Universitas Islam Moskow. Dia lulus dari universitas tersebut pada 1997,dan mendapatkan gelar diploma dengan gelar imam khatib.

Said Ismagilov menguasai empat bahasa yakni Ukraina, Rusia, Tatar dan Bahasa Arab. Pada 2002, Ismagilov terdaftar di Departemen Filsafat dan Studi Keagamaan di Donetsk. Pada 2007, dia menyelesaikan studinya dan berhasil meraih dua gelar diploma yakni strata satu di bidang filsafat dan master di bidang pendidikan keagamaan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

https://maktabu.republika.co.id/posts/69422/mufti-ukraina-ditembaki-separatis-di-donbas-hingga-hidup-dengan-serangan-roket-di-kyiv

Ismagilov ditunjuk sebagai Mufti Administrasi Keagamaan Muslim Ukraina "Umma" berkat perannya sebagai salah satu pemimpin spiritual Muslim Ukraina. Kesibukannya kian bertambah tatkala menjadi Presiden LSM "Pusat Studi Islam Ukraina", Ketua komunitas Muslim "Nur" Donetsk, anggota organisasi publik kota Donetsk "Al-Amal". Cendekiawan Islam Ukraina, anggota cabang regional Donetsk dari Asosiasi Ulama Ukraina (UAR), anggota Dewan Pusat Studi Agama dan hubungan spiritual internasional, anggota Dewan gereja dan organisasi keagamaan di wilayah Donetsk, dosen bidang studi teologi dan agama di Universitas Islam Ukraina (2001-2002), seorang tokoh masyarakat yang terkenal.

Dia menganggap tugas utamanya untuk mendidik umat Islam Ukraina sebagai bagian integral dari masyarakat Ukraina.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image